Riding ke Pesisir Garut

Salam nganu.. 🙂

oke, saya mau share perjalanan minggu kmaren waktu memperingati harpitnas tanggal 15-5-15 XD

jadi dari minggu sebelumnya udah kita planning buat riding ke garut bareng temen saya sebut saja Ahmad 😀

hari rabu sore ahmad konfirm lagi ada personil tambahan si yurdi ngikut riding, serta bang Yohanes dan istrinya ngajakin bareng ke garut buat silaturahmi ke rumah sodaranya..

saya berangkat ke jkt rabu malam jam 9 dan sampai di jkt jam12, langsung tidur buat nyiapin tenaga karena bakal berangkat jam4 pagi.. jam4 pagi semua sudah siap dan kami berlima berkumpul di meetpoint di daerah Meruya, Jakbar dalam kondisi ngantuk dan lapar..

start riding dengan 3 motor via puncak – cianjur kita  mampir nyabu dan ngopi dulu di pinggir jalan yaiyalah, masa di tengah jalan sebelum masuk kota cianjur.

Lanjut perjalanan via padalarang – bandung – cileunyi – garut akhirnya sampai di kota Garut jam 1 siang,,

DIjemput oleh sodaranya bang yohanes kita mampir dulu ke rumahnya di daerah Wanaraja, deket gunung Piramida Sadahurip “bukan Gn Padang lho ya”

kami bener2 disambut dengan ramah oleh tuan rumah, makan siang dan kopi pun menemani istirahat kami siang itu.

gn. sadahurip masih agak jauh dibelakang kami

Waktu sudah menunjuk jam 3 sore, badan sudah pw rasanya duduk2 di teras rumah beliau.

sebelum pamit kita tanya2 dulu rute menuju tujuan kami, jam setengah 4 sore tinggal saya, ahmad dan yurdi yg melanjutkan perjalanan.

kami mengambil rute Cikajang – Cisompet – Pameungpeuk, yg tanpa kami ketahui sebelumnya ternyata treknya lewat tengah hutan, menganu sekali 😦

treknya menganu sekali :(

treknya menganu sekali 😦

di jalur ini butuh kondisi motor yg sehat, kuat nanjak, kuat ngerem, stabil cornering dll  lebay 😀 banyak tikungan tajam dan U turn dikombinasikan dengan tanjakan dan turunan yg bikin kampas rem motor kita cepat habis XD

sepanjang jalur kita akan disuguhi hutan, jurang dann kebun teh.. di beberapa titik ada jalur yg longsor jadi musti hati2..

oiya, di jalur ini masih minim penerangan tapi setelah masuk kawasan cisompet sudah cukup banyak pemukiman di kanan kiri jalan..

Rencana kami bermalam di Puncak Guha terpaksa dibatalkan karena kondisi badan kami yg sudah kelelahan dan akhirnya kami bermalam di pantai Santolo..

kopi panas dan  obrolan santai menemani malam kami sebelum akhirnya kami terlelap diiringi deburan ombak pantai yg cukup kencang malam itu..

pagi pun datang, secangkir kopi panas kami pesan dari warung dekat pantai Santolo.

Jam 6 pagi  kami kembali melanjutkan perjalanan ke Bungbulang menuju ke Puncak Guha.

InstagramCapture_302c7610-baa1-463d-9e85-c83b313868b5

Pantai Santolo

pintu masuk pantai Santolo

Pintu gerbang masuk ke pantai

lanjut ke Bungbulang kami sering menepikan kendaraan ke pantai2 yg ada di kiri jalan yg menurut kami nyaman untuk beristirahat sejenak.

Pesisir Garut IMG-20150517-WA0002 InstagramCapture_86bcc7a0-e4bd-401a-93ef-456df960c51f 20150515_063728

dan akhirnya kami sampai di Puncak Guha jam 9 pagi, dimana matahari sudah cukup terik.

rasa lelah seketika hilang setelah kami duduk dan disuguhi indahnya laut selatan yg luas dengan pemandangan yg memanjakan mata kita..

hati2 kalau mau turun ke tebing

InstagramCapture_20910a59-5333-4478-b978-75ba07adbfc3

what a beautiful place

disana ada juga beberapa biker dari bandung yg sudah camping sejak tadi malam,

obrolan antar biker pun membuat kami akrab walau belum pernah bertemu sebelumnya..

bersama teman2 biker dari bandung

bersama teman2 biker dari Bandung

kami bertiga beristirahat di salah satu sudut puncak sambil menyiapkan sarapan dan tentunya kopi 🙂

IMG-20150516-WA0034 IMG-20150516-WA0032

Ini lho gua tempat kelelawar berlindung saat siang hari.

dari puncak guha kami menuju Pantai Rancabuaya yg hanya berjarak 2-3 km dari Puncak Guha..

saya dan yurdi kembali seperti bocah yg sangat senang bermain air disana 😀

nyari ikan sambil menghitamkan kulit yg sudah hitam xD

nyari ikan sambil menghitamkan kulit yg sudah hitam XD

IMG-20150516-WA0007

lagi nyariin spongebob 😀

IMG-20150516-WA0003

puas bermain air kami beristirahat.. karena ada keperluan di hari sabtunya esok, kami pun langsung pulang ke jkt hari itu juga..

beranjak dari Rancabuaya jam 2 siang, kami mengambil rute cidaun – agrabinta – sukanagara -cianjur – jkt

jalur sebelum Agrabinta masih terasa nyaman karena jalan yg halus dan banyak pemandangan indah di kiri dan kanan jalan.

namun setelahnya jalur tersebut tak jauh beda dengan jalur saat kami berangkat kemarin sore, bahkan lebih paraahh :(, karena sepanjang jalan menikung, u turn, dan naik turun kita harus sigap bermanuver menghindar lubang di jalanan yg terasa gaakkk ada habisnya..T_T

sempat berhenti karena hujan deras di daerah Sukanagara ba’da isya kami pun melanjutkan perjalanan pulang ke jkt. karena kami berkendara dengan cukup santai baru jam 2 malam kami sampai kembali di jkt.

asli ini perjalanan serruu bgt, semoga lain waktu kami bisa kembali berkunjung ke pesisir garut yg sangat asri itu.

well., kalo ada yg mau berkunjung kesini dari arah jkt mungkin lebih baik untuk lewat rute bandung – pengalengan – pameungpeuk karena kondisi jalannya yg lebih bersahabat..

Salam nganuu.. 🙂

8 responses

1. .emmt..nganuu nyaa nganuu mas hehehee
    .asrii banget sumpah mata langsung melotot lihat keindahan alam nya

1. ahmad maliki | Reply

Nganu ya nganu 😃😃😃😃

2. Eh eh yg abis touring nyebrang pulau, mana anuannya,,?? 😌

2. ahmad maliki | Reply

puncak guha surga yang tersembunyii

3. yoii,,, mantap lah buat ngilangin stress 😀

4. […] jaket inilah yg saya gunakan saat riding ke garut bulan lalu Ride Report to Garut, sedangkan Respiro Deltha saat itu saya pinjamkan ke Ahmad karena doi pengen tau impresi jaket […]

5. […] turun dan berkelok dengan hutan sisi kanan kiri diselingi rumah2 penduduk.. Jadi inget trek waktu riding ke Garut bulan lalu […]